Tentang Kota Kelahiranku


Kabupaten Kotawaringin Barat yang beribu kota di Pangkalan Bun, berada di Propinsi Kalimantan Tengah dan terletak di antara 3 kabupaten tetangga yaitu, sebelah utara dengan Kabupaten Lamandau, sebelah timur dengan Kabupaten Seruyan, sebelah barat dengan Kabupaten Sukamara dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Luas wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat tercatat 10.759 km.

Pangkalan Bun adalah Ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat di Kalimantan Tengah, Indonesia. Pangkalan Bun merupakan bagian dari Kecamatan Arut Selatan dan aglomerasi dari beberapa wilayah kelurahan, terutama Kelurahan Mendawai, Raja, Mendawai Seberang, dan Raja Seberang. Di Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat empat sungai besar yakni Sungai Jelai, Sungai Arut, Sungai Lamandau, Sungai Kumai, dan puluhan anak sungai. Permukiman penduduk sejak berabad–abad yang lalu tumbuh di sepanjang sungai ini. Sungai ini selain menjadi tempat mencari ikan untuk kebutuhan makanan sehari-hari, juga tempat mandi dan transportasi. Penduduk asli yang tinggal di daerah ini adalah suku Dayak yang berindukkan Dayak Ngaju.

KHAS MAKANAN "COTO MANGGALA"












Soto Manggala asal Pangkalan Bun ini cukup unik, jika kebanyakan soto lain menggunakan bahan dasar nasi, ketupat, ayam dan dicampur bahan lainnya maka, soto ini menggunakan singkong yang menjadi bahan dasarnya.  Soto manggala ini disebut juga dengan Soto Ketela.

Manggala memiliki arti singkong atau ketela. Sehingga, jadilah nama soto ini soto manggala. Singkong yang digunakan sebagai pengganti nasi atau ketupat ini haruslah singkong yang empuk sehingga menambah kelezatan saat disantap.



Comments